Rabu, 08 September 2010

Metode Pengajaran dalam Sistem Pendidikan Islam

Metode Pengajaran dalam Sistem Pendidikan Islam
Dalam proses belajarmengajar, metode yang digunakanadalahdenganmentransferpemikiran. Pemikiran yang dimaksudkan di sinibukanlahsekedarmentransferinformasiataupengetahuan.Tetapi yang dimaksuddenganpemikiranadalahkemampuanuntukmenyerapfaktadenganmenggunakanalatindra yang dimilikikedalamotak, yang kemudianolehotakdiinterpretasikansesuaidenganinformasi yang terkait, danakhirnyabisaditetapkanhukum/ status atasfaktatersebut.

Dalam proses pengajaran, harusterdapattimbalbalikantarapenyampaiandanpenerimaanpemikirandaripengajarkepadapelajar. Olehkarenaitu, seorangpengajar/ guru ketikamentransferpemikirandanpengetahuan yang diamilikikepadasiswaharusmemperhatikansegalaaspek yang melingkupi, termasukbahasa yang diagunakanhendaknyadisesuaikandengankapasitasberpikirsiswanya.

Bahasamemanginstrumen yang paling pentingdalammentransferpemikiran, baikitupemikiran yang berhubungandenganpandanganhidupataupuntidak.Secaraumumbahasamemilikitigafungsistrategis ;(1) bahasasebagai media pembelajaransegalamatapelajaran di sekolah, (2) bahasasebagaipentransferalatberpikir, dan (3) bahasasebagaialatkomunikasi. Dan dalampendidikan yang bertujuanuntukmeningkatkankualitasberpikir, menyiapkansiswa agar mampubersosialisasidanberkomunikasisecarafungsionaldalamlingkungannya, danmengambilperan di dalamnya, tentupenguasaanbahasamerupakandasarbagikeberhasilanpendidikansebagai proses maupunpendidikansebagaihasil. Olehkarenaitu, penguasaanbahasadiperlukanolehsetiappengajar.Dan jikaituberkaitandenganpengetahuan (bukansastra), hendaknyapengajarmenyampaikanpemikirandalambahasa yang memilikimakna-maknajelas yang bisadipahamianak, bukanmetafora.

Selainitu, pentingketikamentransferpemikiran, pengajarmendekatkanmateripelajaran yang diaajarkandenganrealitas.Bahkanlebihdariitu, seorangpengajarhendaknyamendorongpesertadidiknyauntukselalupekaterhadaprealitas yang terjadi.Sehinggapemikiran yang terbentuknantinyaadalahpemikiran-pemikiran yang bersandarpadakenyataan(baikkenyataanitubisadiindrasecaralangsungataupundengansesuatu yang bisaditunjukkandenganindra). Dengan kata lain, pemikiranituaplikatif/ bisadimanfaatkandalamkehidupansehari-hari, bukankhayali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar